DAFTAR ANGKARAJA dikenal sebagai skuter elegan dengan garis desain klasik-modern. Tapi siapa sangka, di tangan modifikator asal Bali, motor ini berubah total jadi Vespa Adventure berjiwa Rally Dakar. Modifikasi ekstrem ini bukan hanya soal gaya, tapi juga soal fungsionalitas. Dengan dana modifikasi mencapai Rp 20 jutaan, Vespa Primavera ini sukses tampil sangar, tangguh, dan beda dari yang lain.

Konsep: Rally Dakar Look, Tapi Tetap Vespa

Inspirasi modifikasi datang dari motor-motor rally cross-country seperti yang digunakan di ajang Rally Dakar—tangguh, bertenaga, siap menghadapi medan berat. Vespa Primavera memang bukan motor off-road, tapi lewat modifikasi ini, ia dibuat punya karakter yang serupa.


Detail Modifikasi

1. Suspensi dan Ban Adventure

  • Suspensi depan diganti dengan model long travel agar lebih tinggi dan empuk.
  • Suspensi belakang memakai model gas tabung aftermarket.
  • Ban diganti dengan dual-purpose tipe pacul, ukuran lebih besar, memberi ground clearance lebih tinggi dan tampilan garang.

2. Bodi dan Aksesoris Gahar

  • Crash bar dipasang mengelilingi bagian depan dan samping.
  • Windshield tinggi model adventure dipasang di atas headlamp.
  • Tambahan lampu kabut LED dipasang di bagian kaki-kaki depan.
  • Front rack dan rear rack dibuat untuk membawa peralatan atau bagasi.

3. Warna dan Finishing

  • Warna bodi dilabur matte olive green atau desert tan, khas kendaraan militer.
  • Grafis khas rally, nomor start, dan logo sponsor fiktif menambah kesan kompetisi.
  • Jok diganti model single seat dengan tambahan back rack untuk peralatan camping atau tools.

4. Detail Tambahan

  • Tangki bensin cadangan model jerrycan mini dipasang di belakang atau samping.
  • Knalpot diganti dengan suara lebih garang namun tetap sesuai kapasitas mesin Vespa.
  • GPS dummy, tas kanvas samping, dan stiker-stiker travel sebagai pemanis akhir.

Estimasi Biaya Modifikasi

KomponenEstimasi Biaya
Suspensi dan ban off-roadRp 5–6 juta
Bodykit, crash bar, rackRp 4–5 juta
Aksesoris dan lampu-lampuRp 2–3 juta
Cat dan grafis customRp 3–4 juta
Knalpot dan finishing lainRp 2–3 juta
Total± Rp 20 juta

Kesimpulan

Vespa Primavera versi Rally Dakar dari Bali ini adalah bukti bahwa skuter klasik pun bisa tampil liar dan berjiwa petualang. Modifikasi ini tidak hanya mengubah tampilan, tapi juga meningkatkan fungsionalitas untuk touring atau event komunitas. Dengan budget sekitar Rp 20 jutaan, kamu bisa punya Vespa yang tampil beda, dan jelas jadi pusat perhatian di jalan atau di acara motor custom.

Sumber: prediksiakurat.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *